Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Digelar di SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo


Ditulis Oleh :


Humas, Probolinggo Pada hari ini sabtu, 1 Juni 2024 dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, siswa kelas IV s.d. VI, tenaga kependidikan, di lingkungan SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo.

Mungkin gambar 7 orang

Semangat dan antusias dari seluruh pelajar Sekolah Dasar itu, terlihat sejak pukul 06.30 wib. Diantar orang tuanya, para pelajar diharapkan mampu mewujudkan implementasi Hari Lahirnya Pancasila. Sehingga, para generasi muda harapan bangsa tersebut, mampu mengamalkan makna Bhinneka Tunggal Ika sebagai pedoman Bangsa.

Mungkin gambar 10 orang

Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Riana S.Pd.MPd, bertindak sebagai pembina uapacara. Kata Riana, upacara peringatan Harlah Pancasila tanggal 1 Juni 2024 saat ini, berlangsung serentak tingkat Nasional termasuk di wilayah lembaga sekolah di Kota Probolinggo.

Mungkin gambar 9 orang

Menurut dia, tema upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Mungkin gambar 12 orang

Riana juga berharap, dengan digelarnya peringatan Harlah Pancasila, menanamkan rasa cinta terhadap negara pada seluruh murid SD sejak dini.

Mungkin gambar teks yang menyatakan 'គណស្មជ 1M SDN SUKABUMI 2 PROBOLINGGO SELAMAT MEMPERINGATI RXXX BHINNEKA SHNBKA TUNGGALIKA HARI LAHIR PANCASILA 1Juni 2024 PANCASILA JIWA PEMERSATU BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045'

“Dengan peringatan Harlah Pancasila ini, supaya anak-anak termasuk semua dewan guru tidak lupa akan sejarah. Kami selaku tenaga pendidik, menginginkan rasa persatuan dan kesatuan antara guru, murid dan bangsa di Indonesia pada umumnya bisa saling menghargai, saling memperkuat rasa kesatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Sambut Hari Lahir Pancasila 2024, Ini Sejarah, Tema, dan Logonya -  Sultra1News

Riana menambahkan, upacara peringatan Harlah Pancasila ini, juga sebagai momentum sejarah yang mempunyai nilai luhur bagi bangsa Indonesia. “Karena jika peringatan ini ditinggalkan, kami khawatir nilai yang sangat bersejarah tentang Pancasila akan terkikis,” Agus mengakhiri. (abz)

 

#upacaraharilahirpancasila2024 #sdnsukabumi2kotaprobolinggo #sekolahpenggerak #profilpelajarpancasila