MAPAG BERKAH bersama SDN Sukabumi 2


Ditulis Oleh :


Probolinggo – Saat ini banyak upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik di sekolah. Setiap upaya yang dilakukan tentunya diharapkan akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Mungkin gambar 2 orang dan teks

Ada berbagai pembiasaan positif dari berbagai sekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Seperti halnya di SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo salah satu pembiasaan terhadap anak yang dilakukan adalah “MAPAG BERKAH (MAkan PAGi BERsama KAwan sekolaH”. Untuk edisi bulan Februari 2024 kali ini adalah bernuansa olahan ikan.

Mungkin gambar 1 orang dan berlatih yoga

Tidak hanya untuk menahan rasa lapar, sarapan pagi juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi peserta didik untuk menghadapi pelajaran, bermain, dan berolah raga. Dengan terpenuhinya gizi tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Selain itu, sarapan bersama juga dapat menumbuhan kebersamaan dan rasa saling peduli terhadap peserta didik lain dan guru.

Mungkin gambar 3 orang, orang berlatih yoga dan keramaian

Kegiatan sarapan bersama juga dalam upaya menumbuhkan karakter positif pada diri siswa seperti peduli, tertib, disiplin, tenggang rasa, bertanggung jawab dan religius. Ketertiban dapat terlihat dari tata cara memulai dan mengakhiri sarapan, tidak melakukan hal-hal yang membuat tidak nyaman teman di sampingnya, bertanggung jawab terhadap sampah atau remah nasi yang tercecer dan mempraktikkan adab makan sesuai anjuran agama. Kegiatan ini juga untuk menanamkan pola hidup sehat bagi siswa serta untuk mewujudkan terbentuknya SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo sebagai sekolah sehat. Sekolah sehat bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi peserta didik salah satunya dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat. (abz)