Ratusan Anggota Pramuka SD Negeri Sukabumi 2 Lakukan Bersih-Bersih Lingkungan Sekitar


Ditulis Oleh :


Probolinggo, (Humas)Selepas pembiasaan sholat dhuha secara berjama’ah, sekitar 120 orang lebih anggota pramuka yang terdiri dari para peserta didik kelas 5 A, B, C dan D SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo melakukan aksi bersih-bersih lingkungan dalam dan luar sekolah dengan radius 200 meter.

Mungkin gambar 7 orang

Aksi bersih-bersih tersebut digelar dalam rangkaian Hari Pramuka ke-62 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 di SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Jum’at, 11 Agustus 2023 dengan tema Peduli dan Cinta terhadap lingkungan.

Mungkin gambar 9 orang dan teks

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah, Riana, S.Pd, M.Pd, Jum’at (11/8/2023) saat ditemui di ruang serba guna, SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Jalan Dr. Moch. Saleh No. 28, Kota Probolinggo.

Mungkin gambar 5 orang, pohon dan teks

“Alhamdulillah, gugus depan SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo yang merupakan ujung tombak dari gerakan pramuka berpartisipasi dalam bentuk bersih-bersih lingkungan sekolah dengan radius 200 meter, diikuti oleh siswa mulai kelas 5 A, B, C dan D,” katanya.

 

Khusus hari ini, jelas Riana anak-anak kelas 5 A, B, C dan D bersama para guru pembimbing melakukan bersih-bersih lingkungan. Mulai lingkungan halaman sekolah, area parkir sekolah dan lingkungan luar sekolah, seperti trotoar jalan Dr. Moch. Saleh dengan jarak radius 200 meter ke kiri dan kanan dari sekolah.

 

“Anak-anak dibekali peralatan seperti sapu lidi, cikrak dan plastik kresek untuk memasukan sampah. Kemudian sampah yang di dalam kresek tadi dipindahkan ke tong sampah,” ucap Riana.

 

Sebelumnya, ujar Riana anak-anak sudah diajarkan bagaimana memilah (membedakan) memungut sampah organik dan anorganik. Sehingga anak-anak tidak salah dalam memungut dan membuang sampah basah dan kering.

 

Sementara itu, pembina pramuka, Amir Mahmud, S.Pd., ketika dihubungi menyampaikan bersih-bersih lingkungan ini melibatkan para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo.

 

“Melalui program ini, kami melatih sejak dini dan berharap anak-anak terbiasa untuk menjaga dan merawat lingkungan agar tetap bersih dan lestari,” pungkasnya. (ABZ)