Sosialisasi Program Sekolah SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo Kepada Orang Tua Siswa


Ditulis Oleh :


Probolinggo – Peranan orang tua siswa sebagai patner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Namun, justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut. Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.

Mungkin gambar 10 orang dan teks

Untuk mengubah presepsi tersebut maka penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orang tua wali murid di awal tahun ajaran. Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga dijabarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah. Sehingga orang tua mengetahui semua program sekolah. Orang tua juga bisa meminta informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari segi manfaatnya bagi pendidikan anak-anak.

Mungkin gambar 12 orang, kerudung dan teks

Dengan demikian guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa di sekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncuk dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Mungkin gambar 7 orang

Kemajuan sekolah akan sangat bergantung pada kerja sama dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dan pemangku kebijakan sekolah. Sinergi ini terutama oleh sekolah dan komite akan mampu membuat sekolah menjadi lebih maju dan berkembang. SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo sebagai sekolah penggerak angkatan pertama pun terus berusaha mengermbangkan dan membangun sinergi dengan komite sekolah. Dalam rangka membangun hal tersebut pula, pertemuan antara komite dan sekolah akan membuat sinergi keduanya berkembang.

Mungkin gambar 15 orang, orang belajar dan teks

Sosialisasi program sekolah tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan oleh komite dan sekolah kepada seluruh wali siswa. Sosialisasi dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jenjang kelas. Tempat pelaksaannya sendiri di aula SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Jadwal sosialisasi adalah sebagai berikut: kelas 2 s.d 6 (Senin, 17 Juli 2023), kelas 1 (Selasa, 18 Juli 2023). Program sekolah sendiri dipaparkan oleh komite dan sekolah. Kegiatan tersebut memaparkan program sekolah. Sekolah dan komite berharap para wali siswa mendukung program yang diusulkan oleh sekolah.

Mungkin gambar 9 orang, orang belajar, tabel dan teks

Dalam kegiatan tersebut juga menjadi ajang pertemuan antara sekolah, komite, serta wali murid yang juga wali murid dapat menyampaikan aspirasi maupun kritik dan sarannya kepada sekolah. Dengan demikian, diharapkan akan terus terjalin kerja sama dan sinergi yang tinggi antara sekolah, komite, dan wali murid guna mencapai kemajuan bagi sekolah dan peserta didik mencapai prestasi tinggi sesuai dengan bakat dan minatnya. (abz)

Mungkin gambar 9 orang dan orang belajar