Gelar Karya P5, Siswa Menampilkan Karya Terbaiknya


Ditulis Oleh :


Kota Probolinggo SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema pertama Gaya Hidup Berkelanjutan, “Ubah Sampah Menjadi Indah dan Berkah”, sedangkan tema kedua Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI, “Menjelajah Dunia Digital: Be Creative With Coding”, yang bertujuan untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain wali murid, kegiatan ini dihadiri Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Pengawas SD Kecamatan Mayangan, pengurus Komite Sekolah, dan beberapa Kepala Sekolah Penggerak.

Mungkin gambar 13 orang dan teksMungkin gambar 4 orang, kukang dan teks yang menyatakan 'Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Pelajaran 2022/2023 2022/ Probolinggo, 17 Juni 2023 2 Berekayasadan MENJELAJAH DUNIAGITL DUNIA "BE CREATIVE WITH CODING" Gaya Hidup Berkelanjutan BAH SAMPAH MENJADI AH DAN BERKAH'

"Kami gelar karya P5 untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan harapan siswa-siswi lebih berkarakter sesuai bakat dan semangat kreativitas dan inovasi dengan rekayasa teknologi untuk mewujudkan peradaban bangsa," kata Kepala Sekolah SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Riana, Sabtu, (17/06/2023).

 

Ia mengatakan P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.



Riana berprinsip orang tua dan guru tidak bisa melarang anak-anak pakai HP. “Yang bisa kita lakukan adalah mengarahkan dan memfasilitasi mereka biar ahli di bidang digital. Alhamdulillah siswa SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo kelas 1, 2, 4 dan 5 sudah jago bikin game pakai coding,” ujarnya



Ketua Komite SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo Teguh Ginajar menambahkan program P5 yang digelar untuk mendukung pemerintah yaitu kurikulum merdeka untuk mendukung kreatifitas anak sebagai implementasi penerapan Kurikulum Merdeka, sehingga siswa-siswi sangat antusias dan bergembira.

Mungkin gambar 4 orang, mimbar dan teks yang menyatakan 'EEKOLAH PENGGERAK Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil Tahun Pelajaran 2022/2023 Probolinggo, Juni 2023 Gaya Hidup Berkelanjutan SAMPAH MENJADI DAN BERKAH MENJELAJAH DUNIA.DI DUNIA "BE CREATIVE'

"Terima kasih atas upaya kepala sekolah dan guru-guru SDN Sukabumi 2, sehingga hari ini dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan bergembira ria,"


Kesuksesan Gelar Karya 2023 ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan gengsi kegiatan tersebut. Sebagai kegiatan yang kreatif diharapkan pengenalan coding ini sebagai pondasi untuk menggiatkan potensi digital di Indonesia sehingga ke depannya mampu menciptakan para ahli di bidang digital sebagai basis ekonomi kreatif. Potensi para ahli digital untuk menciptakan lapangn pekerjaaan baru sangatlah besar sehingga peran lomba coding ini sangatlah signifikan untuk mengasah SDM di bidang digital sejak dini.

Mungkin gambar 2 orang