Keren, SDN Sukabumi 2 Hasilkan MASUKA dan MAXUE


Ditulis Oleh :


PROBOLINGGO Sekolah Dasar Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo memamerkan hasil produk olahan siswa. Alhasil, sebanyak 2 produk olahan siswa ditampilkan, Kamis (11/5) pagi di halaman sekolah.

Mungkin gambar 3 orang dan semangka

Kepala SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Riana, S.Pd, M.Pd, mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh kader adiwiyata. Mereka berkolaborasi untuk membuat produk olahan berupa minuman.Tujuan dari kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu program persiapan visitasi sertifikasi adiwiyata mandiri. Dimana, sekolah yang akan disiapkan sebagai adiwiyata mandiri harus menghasilkan produk unggulan sekolah." Kalau produk unggulan kita tidak terlalu sulit sebab, ada 2 produk unggulan yang kita siapkan," kata Riana.

Mungkin gambar 3 orang

Selain untuk persiapan visitasi sertifikasi adiwiyata mandiri, kata Riana, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dalam menghasilkan produk olahan minuman.

Mungkin gambar 1 orang

Beberapa produk siswa seperti yang dihasil oleh kader adiwiyata ini menghasilkan MA SU KA (MAnisan mangga SUKAbumi 2). Bahan pembuatan MA SU KA ini antara lain 1 kg mangga mengkal, potong tipis 200 gr gula pasir, 1/2 sendok makan garam 300 ml air, 5 sendok makan perasan air lemon. Cara pembuatanya pun gampang, Lumuri mangga dengan garam, remas-remas sebentar. Cuci bersih dan sisihkan. Campurkan gula pasir dan air, rebus hingga gula larut dan kental. Masukkan mangga ke dalam cairan gula. Diamkan selama semalaman hingga cairan meresap. Ambil manisan mangga, taruh piring saji. Tambahkan air lemon, aduk rata. Sajikan manisan mangga, bisa tambah es batu."Jadi siswa bisa membuatnya di rumah, gampang dan bahannya tidak terlalu sulit," kata pembina adiwiyata, Maria Magdalena Rinawati di sela kegiatan.

Mungkin gambar 4 orang dan kerudung

Produk berikutnya adalah MAXUE (Mangga MIX Susu) Bahan-bahan 2 buah manga, 350 ml susu dan 200 gram es batu. Langkah pembuatannya sangat sederhana yakni blender halus semua bahan, lalu sajikan.

 

Sebagai informasi, mangga muda kaya akan vitamin B esensial niasin dan serat dalam mangga muda meningkatkan kesehatan jantung. Ini membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Kebaikan vitamin C, A dan nutrisi penting dalam mangga muda memicu sistem kekebalan tubuh.

Mungkin gambar cincin serbet, makanan dan teks

#ayomenanammangga

#ayoberbagi

#sdnsukabumi2probolinggo

#sekolahPengerak

#sekolahadiwiyatamandiri

#handaledukasi