Diskusi Terpumpun dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka


Ditulis Oleh :


Probolinggo – Kegiatan Diskusi Terpumpun Bersama Guru SD kelas awal yaitu SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo dengan TK Saila Smart School Kota Probolinggo yang dipimpin oleh Ibu Novita Aryati, S. Pd dan TK Kemuning Kota Probolinggo yang dipimpin oleh Ibu Desy Nurul Aini, S.Psi. Narasumber dari Forum SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo antara lain Kepala Sekolah Ibu Riana, M.Pd, Bapak Samsul Badrus Saleh, Ibu Dimyatin, Ibu Maria Magdalena Rinawati, dan Akhmad Baktiyar Zamzami. Pengawas Sekolah Penggerak Bapak Sumarji, M.Pd. hadir juga Penilik PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Ibu Titik Christianingsih, S.Pd. Diskusi tersebut dilaksanakan pada Sabtu (26/11/2022).

Mungkin gambar 2 orang dan dalam ruangan

Pada kegiatan diskusi ini memberikan pemahaman konsep pada masa transisi anak usia dini yang masuk ke jenjang sekolah Dasar. Pembelajaran pada masa transisi ini di Sekolah dasar kelas awal dapat mengikutinya perkembangan anak dan guru Sekolah Dasar di kelas awal dapat memahami model pembelajaran dari PAUD, sehingga dapat diterapkan di Sekolah Dasar pada kelas awal.

Mungkin gambar 6 orang, orang duduk dan orang berdiri

Permasalahan-permasalahan di PAUD dan Sekolah dasar semua didiskusikan bersama, sehingga menjadi sinkronisasi antara PAUD dan Sekolah Dasar, dalam model Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka nanti nya.

Mungkin gambar 5 orang, tabel dan dalam ruangan

Usia masuk sekolah Dasar adalah Anak yang sudah berusia genap 7 tahun per Juli. Jika belum genap 6 tahun, wajib melampirkan dari psikologi ahli yang menyatakan kesiapan anak dari segi mental dan perkembangan mampu dapat mengikutinya serta memiliki kecerdasan istimewa.

Mungkin gambar 4 orang, tabel, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'Pertemuan # DALA EKA'

Dan jika ada anak yang sudah usia berumur Sekolah Dasar, tidak sekolah PAUD untuk meminta surat dari Kepala Pekon sebagai pengantar mendaftar di sekolah dasar, sehingga bersinergi bersama-sama dengan Pemrintah Kota Probolinggo dalam menuntaskan APK PAUD.

Mungkin gambar 4 orang dan dalam ruangan

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh semua pihak, dan akan ada tindaklanjut evaluasi di akhir semester genap nantinya sebagai assesmen evaluasi.

Mungkin gambar 13 orang, orang berdiri, kerudung dan dalam ruangan

Salam Sekolah penggerak.

Tergerak, bergerak dan menggerakan