Perjusa Untuk Pembentukan Karakter dan Budaya Positif


Ditulis Oleh :


Probolinggo – Pangkalan SD Negeri Sukabumi 2 Kwartir Ranting Mayangan Kota Probolinggo menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) 4-5 November 2022 di sekitar sekolah setempat. Dengan mengambil tema kegiatan berakhlak, bertanggungjawab dan berprestasi, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan karakter positif para peserta.

Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan luar ruangan

Pembukaan kegiatan dilaksanakan di halaman depan SD Negeri Sukabumi 2. Dengan dihadiri segenap pembina Pramuka SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, kegiatan perjusa dibuka oleh Riana Kepala Sekolah SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus).

Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan kerudung

Mabigus Riana mengatakan kegiatan ini bertujuan membentuk karakter, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian, mempererat komunikasi sesama Anggota Pramuka, melatih kekompakan dan kreatifitas serta inovasi, melatih dan menambah mental Anggota Pramuka juga membentuk teamwork yang kompak dan solid.

Mungkin gambar 1 orang, duduk, berdiri dan keramaian

“Sebagai anggota pramuka, di sini kalian dilatih untuk lebih mandiri, disiplin dan bertanggung jawab untuk bekal dalam meraih prestasi dan kesuksesan,” katanya.

Ketua Panitia Perjusa Amir Mahmud mengatakan setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan beregu. Materi yang dilombakan adalah pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan, morse, sandi dan bumbung Pramuka.

“Pada Perjusa ini juga digelar upacara penyalaan api unggun dan pentas seni” katanya

Mungkin gambar 1 orang dan berdiri

Perjusa dilanjutkan dengan materi KIM pendengaran dan penglihatan, dan keagamaan. Pada Jum’at malam juga diisi dengan kegiatan parenting dengan menghadirkan trainer dan motivator nasional Grienny Nuradi.

Setelah melalui berbagai penilaian, panitia memutuskan dan mengumumkan tiga regu tergiat putra dan putri perjusa SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Masing-masing Regu Scorpion 2, Buaya, dan Macan Tutul didapuk sebagai tergiat 1, 2 dan 3 putra serta regu Anggrek, Tulip Ungu dan Mawar untuk regu tergiat putri.