SDN Sukabumi 2, Raih Juara Umum Pesta Siaga Kecamatan Mayangan Tahun 2022


Ditulis Oleh : Akh. Baktiyar Zamzami


PROBOLINGGO – Prestasi gemilang ditorehkan oleh Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo yang berhasil menyabet Juara Umum dalam Pesta Siaga tingkat Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo secara mengejutkan tampil apik dengan memperoleh 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu sehingga menasbihkan diri keluar sebagai Juara Umum.

Pimpinan Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, Amir Mahmud mengatakan, gelaran perkemahan Pesta Siaga sehari dilaksanakan pada 10 September 2022 bertempat di SD Negeri Jati 1, Kota Probolinggo.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

“Alhamdulillah dan terima kasih untuk semua dukungannya. Berkat semangat, kerja keras dan kerjasama serta doa dari seluruh keluarga besar civitas akademika SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, adik-adik pramuka siaga kita kembali ceria dan menorehkan tinta emas dalam ajang bergengsi tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Pesta Siaga tingkat Kecamatan Mayangan Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo mengirimkan 2 barung pramuka siaga.

Di saat yang bersamaan, Yustianingsih selaku Pembina Barung Putri Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo mengatakan, jika pesta siaga ini memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk meningkatkan kemampuan diri. Para pramuka siaga bisa membandingkan kemampuan antar peserta lainnya.

“Melalui berbagai kegiatan lomba peserta siaga bisa meningkatkan kemampuan diri. Serta banyak manfaat yang terkandung dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar peserta. Pesta siaga juga sebagai implementasi kegiatan kepramukaan yang sudah diberikan kepada anak didik, baik terkait etika, kejujuran, kegotongroyongan, tanggung jawab dan kemandirian,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo meraih rincian capaian sebagai berikut:

Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan luar ruangan

1. Juara 1 Penjinak Bom, atas nama Rizky Satrio Pangaribowo (kelas 4A); Suryadarma Irham Ramadhan (kelas 4C); Ahmad Sholeh Ibrahim (kelas 4C); Candra Bayu Krisna (kelas 4A).

Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan luar ruangan

2. Juara 1 Cerdas Cermat Putra, atas nama Muhammad Radithya Pratama (kelas 4C).

Mungkin gambar 3 orang, orang berdiri dan luar ruangan

3. Juara 1 Puzzle Pahlawan Putra, atas nama Fio Ferdinando Putra (kelas 4D).

Mungkin gambar 5 orang, orang berdiri dan luar ruangan

4. Juara 2 Arah Mata Angin Putra, atas nama Muhammad Daffa Khalis (kelas 4B).

Mungkin gambar 4 orang, orang duduk, orang berdiri dan luar ruangan

5. Juara 2 Arah Mata Angin Putri, atas nama Khanza Ratu Kirana (kelas 4B).

Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan luar ruangan

6. Juara 3 Cerdas Cermat Putri, atas nama Cheryl Aurora Tahajuti Karomah (kelas 4C).

Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo mengapresiasi pencapaian dan hasil yang diraih oleh Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo dan berharap menjadikan pelecut semangat dalam menjaga tradisi juara.

“Terima kasih kepada adik-adik pramuka siaga, pembina pendamping dan semuanya yang telah berjuang bersama penuh semangat untuk mengibarkan bendera Kontingen Pramuka Siaga SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo dan pulang membawa prestasi gemilang,” ujarnya.

Pihaknya berharap, hasil yang diraih menjadikan semangat dalam mengembangkan pola pembinaan dan ritme serta inovasi dalam memajukan pendidikan karakter generasi muda dalam wadah kepramukaan.

Pramuka harus menjadi generasi pemberani yang siap dalam menghadapi semua tantangan, sesuai dengan tugas dan kewajiban yang diberikannya dengan penuh tanggung jawab. (Abz)