Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Quran, Melatih Kedisiplinan dan Kebersamaan dalam Ukhuwah Islamiyah


Ditulis Oleh :


“Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah)

Al Qur’an adalah pedoman bagi manusia dalam mengarungi hidup ini. Untuk itu perlu kita mempelajari, mengkaji, mengamalkan dan mengajarkannya. Pembelajaran Al Qur’an sangat penting diajarkan sejak dini agar menjadi pembiasan yang baik kepada generasi Muslim. Hingga terbina insan yang unggul, bertauhid dan berprestasi. Pembelajaran Al Qur’an seyogyanya diajarkan dalam pendidikan formal dan informal.

SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo merupakan sekolah penggerak yang mengajarkan pembelajaran Al Qur’an yang dikemas dalam kurikulum serta ditambah dengan Program Ekstrakurikuler berupa Tahfidz Al Qur'an. Program yang dilakukan dalam pra pembelajaran di lingkungan sekolah.

Mungkin gambar 6 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Kegiatan tahfidz Al Qur'an dilakukan pada Selasa hingga Kamis pagi.

Mungkin gambar 5 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

Bermajelis, menghafal, (memperdengarkan hafalan baru yang akan disetorkan, dikoreksi jika masih terdapat kekeliruan), setoran hafalan, murajaah bersama surah -surah pilihan.

06.00-06.45 (Majelis pagi) (Ananda berkumpul semua).

Mungkin gambar 4 orang dan dalam ruangan

Adapun maksud dan tujuan diadakannya ekstrakurikuler Tahfidz ini adalah untuk mengajarkan kepada siswa betapa penting Al Qur’an dan khususnya bagaimana siswa bisa dengan mudah menghafalkan Al Qur’an. Dan juga melatih kedisiplinan, kebersamaan dalam Ukhuwah Islamiyah.