In House Training (IHT) Program Sekolah Penggerak SDN Sukabumi 2


Ditulis Oleh : Akh. Baktiyar Zamzami


Probolinggo Senin (27/6) SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo melaksanakan IN HOUSE TRAINING (IHT) terkait dengan PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK bagi seluruh guru tenaga pengajar SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin – Rabu (27-29/6) di aula SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Acara lHT dibuka secara langsung oleh Ibu Riana, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan materi dari Samsul Badrus Saleh, Maria Magdalena Rinawati, Dimyatin, dan Akh. Baktiyar Zamzami, selaku praktisi pendidikan dari Komite Pembelajaran tentang pengaplikasian Program Sekolah Penggerak. Selain lHT, untuk para guru, juga diberikan kepada para tenaga kependidikan di SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo tentang keprofesionalan dalam pelayanan.

Mungkin gambar 4 orang dan dalam ruangan

lHT terkait PORGRAM SEKOLAH PENGGERAK merupakan penguatan dari materi tentang pembelajaran paradigma baru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran paradigma baru, agar ke depan seluruh guru memiliki kapasitas dan kompetensi dalam upaya restrukturisasi dan reformasi pendidikan.

 

Pembelajaran dengan paradigma baru dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran yang terdiferensiasi sehingga setiap siswa belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap pengembangannya. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian dan sinkronisasi pada proses pembelajaran di sekolah. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh KEMDIKBUD RI bahwasanya Program Sekolah Penggerak merupakan upaya guna mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

 

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program ini dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Mungkin gambar 5 orang dan dalam ruangan

Sebagai Sekolah Penggerak, SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo mengambil peran penting dalam PSP ini, dengan turut berpartisipasi mensukseskan program pemerintah yang mencanangkan pendidikan yang merdeka dengan mengutamakan profil pelajar pancasila.

 

25 May 202